Sunday, July 13, 2008

Terjemahan Chinese - Indonesia Singapore Textbook 3A Xiao Xue Hua Wen

Chapter 1.1

长 大
saya sudah tumbuh besar



出 生
sudah lahir

妈 妈 告 诉 我, 九 年 前 的 今 天
ibu beritahu saya, 9 tahun lalu pada hari ini
我 来 到 了 这 个 世 界。 当 妈 妈
saya datang ke dunia ini. saat mama dari护 士 手 中 抱 过 我 时, 她 高 兴
suster punya tangan menggendong saya, dia gembira
得 哭 了。
sampai menangis.



走 路
belajar jalan

这 几 个 星 期 爸 爸 都 在 教 我 走
beberapa minggu ini papa sedang mengajari saya
路。 我 长 得 很 , 走 起 路 来
berjalan. saya tumbuh sangat gendut, jalannya
摇 摆 摆 的。
bergoyang-goyang.








第 一 次 上 学
pertama kali ke sekolah

放 学 排 队 时, 我 拼 命 地 挤 到
pulang sekolah saat berbaris, saya mati-matian maju ke
前 面 去。 同 学 们 都 看 着 我, 我
depan. teman sekolah melihati saya, saya
大 声 地 说:"妈 妈 在 等 我, 我 怕
dengan suara keras berkata: "mama lagi tunggu saya, saya takut
她 看 不 到 我!" 大 家 都 笑 了。
dia tidak bisa melihat saya!" semua orang tertawa.
时 间 过 得 真 快, 现 在 我 已 经
waktu berlalu sangat cepat, sekarang saya sudah
上 小 三 了。
kelas 3.






看 企 鹅
melihat pingguin

星 期 天 下 午, 叔 叔 带 小 光 到
hari minggu sore, paman mengajak xiaoguang ke
飞 禽 公 园 的 企 鹅 馆, 见 到 人
taman feiqin (burung) punya penangkaran pingguin, melihat orang-orang
们 在 入 口 处 排 着 队, 等 着 进 去.
di pintu masuk mengantri, menunggu masuk.
小 光 跑 过 去, 拼 命 地 挤 到 了
xiao guang berlari, mati-matian maju ke
最 前 面, 高 兴 得 又 叫 又 跳.
paling depan, dengan bahagia berteriak dan melompat
小 企 鹅 穿 着 白 上 衣, 黑 外 套,
pingguin memakai baju putih, luarnya hitam
圆 滚 滚 的 身 子,  真 有 趣。
badannya bulat, sangat menarik
后 来,  有 人 来 喂 企 鹅。 小 企 鹅
kemudian, ada orang memberi makan pingguin. pingguin kecil
摇 摆 着 胖 胖 的 身 体,  一 只 接
menggoyangkan badannya yang gemuk, seekor demi
一 只 地 轮 流 上 前 吃, 没 有 一
seekor bergiliran ke depan makan, tidak ada satu
只 乱 抢 的。 大 家 看 着 小 企 鹅
ekor pun yang berebut. semua orang memperhatikan pingguin kecil
可 爱 的 样 子, 都 笑 了 起 来, 小
yang lucu, mulai tertawa, xiao
光 也 拍 手 叫 好。
guang juga bertepuk tangan berkata bagus.
这 时, 一 个 小 朋 友 说:"妈 妈,
saat ini, seorang teman kecil berkata: mama
小 企 鹅 也 会 排 队 呢!"  小 光
pingguin kecil juga bisa berbaris!" xiao guang
听 了, 觉 得 很 不 好 意 思, 脸 红
mendengar, merasa tidak enak hati, wajahnya mulai merah
了 起 来。






小 林: 子 健, 这 个 风 筝 真 漂 亮, 在 哪 儿 买 的?
xiao lin zi jian, layang-layang ini sangat bagus, di mana belinya?
子 健: 不 是 买 的, 是 哥 哥 做 的。
zi jian bukan beli, kakak laki yang membuatnya.
小 林: 你 也 会 做 风 筝 吗?
xiao lin kamu juga bisa membuat layang-layang?
子 健: 我 也 会, 但 是 没 有 哥 哥 做 的 好。
zi jian saya juga bisa, tapi tidak seperti kakak laki buatnya bagus.
小 林: 你 教 我 做 风 筝, 好 不 好?
xiao lin kamu ajari saya membuat layang-layang, ya?
子 健: 好。
zi jian baik.









妈 妈 和 琪 琪 在 山 路 上 散 步。
ibu dan qiqi di gunung berjalan santai.
"妈 妈, 您 看, 小 蒲 公 英 四 处 飞
mama, anda lihat, bunga dandelion terbang ke 4 penjuru
, 是 不 是 它 的 妈 妈 不 要 它 了?"
apakah dia punya mama tidak mau dia lagi?
"不 是。 小 蒲 公 英 长 大 了, 要
bukan. bunga dandelion sudah tumbuh besar, mau
去 旅 行, 去 认 识 河 流, 认 识 瀑
pergi tamasya, pergi mengenal sungai, mengenal air terjun,
布, 去 认 识 高 山, 认 识 大 树。。。"
pergi mengenal gunung tinggi, mengenal pohon besar...
"妈 妈, 您 看, 树 叶 宝 宝 飞 下 来
mama, anda lihat, anak daun terbang ke bawah,
了, 是 大 树 妈 妈 不 要 它 了 吗?"
apakah ibu daun tidak mau dia lagi?
"不 是。 树 叶 宝 宝 长 大 了, 要 去
bukan. anak daun sudah tumbuh besar, mau pergi
给 小 蚂 蚁 当 船 给 小 甲 虫 当
kasih semut kecil jadikan perahu kasih beetle kecil jadikan
伞。。。"
payung...
"那 我 长 大 了 呢?"
lalu saya sudah tumbuh besar, kah?
"你 长 大 了, 也 会 飞 走。 这 个 世
kamu sudah tumbuh besar, juga akan terbang. dunia ini
界 很 大 很 大, 你 会 飞 到 你 想 去
sangat besar sangat besar, kamu bisa terbang ke kamu ingin pergi
的 地 方, 去 做 你 想 做 的 事。。。"
punya tempat, pergi melakukan kamu ingin kerjakan punya hal...

No comments:

Google Search

Google

FireHeart Saga NovelBlog