Monday, July 14, 2008

Singapore Indonesian Terjemahan Textbook 2A - 1.1

2A - 1.1

妈妈常常扫地,抹桌子。
ibu sering menyapu lantai, melap meja.
弟弟常常对妈妈说:妈妈,我爱你!
adik laki sering terhadap ibu berkata: ibu, saya sayang kamu!

上台
naik panggung
照顾妹妹
jaga adik perempuan
换牙
ganti gigi



我长大了
saya sudah tumbuh besar

护士给我量了身高, 对我说:"你长大了!"
suster kasih saya ukur tinggi badan, terhadap saya berkata: kamu sudah tumbuh
besar
我会上台唱歌, 还会照顾新来的同学。
saya bisa naik panggung nyanyi, masih bisa jaga teman sekolah yang baru
datang.
老师常常对我说:"你长大了!"
guru sering terhadap saya berkata: kamu sudah tumbuh besar.
我会扫地,抹桌子,还会照顾妹妹。
saya bisa menyapu lantai, melap meja, masih bisa jaga adik perempuan.
妈妈也常常对我说:"你长大了!"
ibu juga sering terhadap saya berkata: kamu sudah tumbuh besar.
大家都说我长大了。
semua orang bilang saya sudah tumbuh besar.
同学们, 你们长大了吗?
teman-teman, kalian sudah tumbuh besar, kah?

门牙掉了
gigi depan copot
小美的门牙掉了,有人笑她:
xiao mei punya gigi depan copot, ada yang menertawai dia:
"没门牙,真难看!" 小美气哭了。
tak ada gigi depan, sangat jelek! xiao mei kesal dan menangis.
我的门牙也掉了,
saya punya gigi depan juga copot
我不敢说话,
saya tidak berani bicara.
也不敢笑她。
juga tidak berani menertawai dia.
老师问:"小美为什么哭了呢?"
guru bertanya: xiao mei kenapa menangis?
乐乐想回答,可是一开口,
le le ingin menjawab, tapi begitu buka mulut,
他的门牙也没了。
dia punya gigi depan juga tidak ada
老师说:"你们在换牙,你们长大了!"
guru berkata: kalian sedang ganti gigi, kalian sudah tumbuh besar.


我比去年更快乐
saya dibandingkan tahun lalu lebih bahagia.
记得去年开学,妈妈送我上学。
ingat tahun lalu mulai sekolah, ibu mengantar saya ke sekolah.
我第一次背上书包,第一次走进学校。
saya pertama kali menggendong tas, pertama kali masuk sekolah.
老师,同学欢迎我,我心里真快乐。
guru, teman sekolah menyambut saya, hati saya sangat bahagia.
今天,又开学了,我背着书包上学校。
hari ini, mulai sekolah lagi, saya menggendong tas ke sekolah.
教室外面,去年种的小树长高了。
di luar kelas, tahun lalu tanam punya pohon kecil sudah tumbuh tinggi.
教室门口,牌子上写着 "二年纪" 了。
pintu kelas, di atas papan tertulis "Kelas 2".
老师,同学见了面更亲热,
guru, teman sekolah setelah bertemu lebih akrab,
我比去年更快乐。
saya dibandingkan tahun lalu lebih bahagia.




All these translations and practices are based on textbook "Xiao Xue Hua Wen" for people in Indonesia who studies Chinese.

No comments:

Google Search

Google

FireHeart Saga NovelBlog