Monday, June 22, 2009

Handphone LG KC550 Review



Handphone LG KC550 merupakan handphone dengan kamera 5 megapixel terbaik yang ada di pasaran Jakarta dengan harga di bawah 2juta, persisnya Rp1,8jt. Handphone ini menawarkan kamera dengan kemampuan autofocus, macro, lampu blits dan pengambilan hingga 9 gambar dalam sekali jepret.

Jika anda menginginkan foto dengan kualitas terbaik, maka setting resolusi ke yang paling tinggi 2560x1920, tapi jika anda tidak ingin ketinggalan momen penting dan khawatir gambar buram bisa memilih burst shot 9 shots pada Shot Mode, tapi perlu diketahui resolusi yang dihasilkan otomatis diperkecil hingga 640x480. Anda tinggal memilih gambar mana yang paling tegas. Keren bukan!

Perlu diketahui, memori pada handphone sangat kecil hanya 12MB (sangat minim buat nyimpan foto maupun lagu mp3, jadi anda perlu membeli memory card tambahan yaitu Micro SD (bisa ukuran hingga 2GB biar aman dan tidak hang) dengan harga sekitar Sandisk Rp80.000,-. Dengan 1 kartu Micro SD itu dapat menampung hingga 2000-an foto beresolusi tertingginya. Jadi tak perlu khawatir kehabisan memori.



Burst Mode 9 Photos, Indoor, Auto



Resolution 2560x1920, Outdoor, Daylight, Auto


Resolution 2560x1920, Outdoor, Night, Auto



Resolution 2560x1920, Outdoor, Daylight, Auto

Hasil foto pada siang hari dengan cahaya cukup sangat memuaskan. Anda hampir tidak akan menemukan foto yang blur, gambar dan warna sangat cerah dan jernih. Untuk foto indoor pun asalkan dengan cahaya yang cukup, tetap dapat menghasilkan foto yang indah. Hanya pada malam hari saja, di mana cahaya sulit diperoleh secukupnya, walaupun sudah menggunakan blits, gambar masih berbintik-bintik, gelap, sering kali warna menjadi merah aneh, tapi wajah yang dipotret warnanya cukup realitas. Yang menarik dari handphone ini, ternyata dia memiliki kemampuan Accelerometer sensor for auto-rotate. Anda tinggal membalik arah handphone menjadi vertikal atau horizontal, maka gambar foto anda akan otomatis berubah mengikuti gaya gravitasi. Jadi anda bisa melihat foto lebih besar (horizontal) dan lebih kecil (vertikal) atau sebaliknya sesuai bentuk gambar anda potrait atau landscape. Kemampuan sensor auto-rotate ini kita ketahui hanya ada di handphone Iphone.


Untuk yang suka mendengarkan MP3 ataupun menonton MP4, handphone ini juga dapat memberikan kepuasan untuk menyimpan banyak lagu, dan memutarnya dengan suara yang stereo. Dan bagi pecinta games, handphone ini ternyata memiliki motion games. Di mana kita memainkan games hanya dengan menggoyangkan hp sesuai arah yang kita inginkan seperti di Nintendo Wii atau Iphone 3G, tanpa perlu memencet tombol di handphone. Anda bisa main pancing ikan, dart, maze, baseball dan lainnya.

Satu hal yang kurang dari handphone ini adalah tidak bisa mengganti themes. Jadi gambar dan theme menjadi tidak menarik. Kita hanya bisa mengupayakan dengan mengganti wallpaper saja. Jika anda ingin mengakses eksternal memory card dari USB pun tidak bisa dilakukan, karena ternyata kita hanya bisa memindahkan data dari komputer ke handphone punya memory internal saja. Untuk mengakses eksternal memory card satu-satunya cara adalah mengeluarkan kartu itu dan masukkan ke komputer anda. Dan lebih mengecewakan lagi ternyata banyak memory card yang terbaca di komputer "Write Protected", sehingga anda hanya bisa memindahkan data dari memory card ke komputer, tetapi tidak bisa memindahkan data dari komputer ke memory card. Sangat melelahkan jika ingin memindahkan data foto dan lagu. Bluetooth pun hanya bisa mentransfer foto satu demi satu, tidak bisa sekaligus seluruh foto.

Satu hal lagi, jika anda memainkan lagu MP3 dengan format bukan MP3, handphone ini sering restart sendiri. Masalah ini tidak muncul ketika saya memastikan seluruh lagu di dalam Handphone LG ini hanya terisi dalam format MP3, bukan MP4 atau format lainnya. Handphone dapat memainkan seluruh lagi sampai habis tanpa restart. Jika anda menemukan masalah yang sama dengan MP3 player-nya, coba periksa format lagu yang anda simpan.


Secara keseluruhan, handphone ini cukup memuaskan untuk kategori Camera Phone. Karena dengan harga di bawah 2juta Rupiah bisa mendapatkan kamera 5 megapixel yang memang notabene dapat menghasilkan gambar yang baik. Karena sebelum membeli handphone ini, saya pun mencoba-coba beberapa handphone dengan kamera 8 megapixel, tetapi banyak hasil foto yang agak blur, tidak sejernih handphone ini. Selain itu LG juga membiarkan konsumen mencoba handphone yang diinginkan agar konsumen yakin handphone itu sesuai dengan kebutuhannya. Apakah itu untuk mendengar lagu, foto, games, styles, communicator, dll, anda perlu mencobanya terlebih dahulu, daripada membeli kucing dalam karung dan ternyata banyak fitur yang tertera tidak sesuai harapan. Dan banyak sekali jenis Handphone yang tidak memberikan keleluasaan pada konsumennya untuk mengenal lebih jauh handphone yang ditawarkan. Hanya dengan melihat dummy dibandingkan dengan melihat kondisi aslinya, memberikan pengalaman yang berbeda dan keyakinan akan kualitas handphone tersebut.



Fitur lengkap LG KC550:

2G Network
GSM 900 / 1800 / 1900
96.9 x 51.4 x 14.9 mm
110 g
Accelerometer sensor for auto-rotate
Vibration; Downloadable polyphonic, MP3 ringtones
Speakerphone
Memory Phonebook 1000 entries, Photocall
Call records 40 dialed, 40 received, 40 missed calls
Internal 12 MB
microSD (TransFlash
GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps
EDGE Class 12
Bluetooth v2.0 with A2DP
mini USB
Camera Primary 5 MP, 2560 x 1920 pixels, Schneider-Kreuznach optics, autofocus, LED flash, image stabilization
Video (720x480 pixels)
Messaging SMS, EMS, MMS, Email
Browser WAP 2.0/xHTML
FM radio
Games incl. motion-based + downloadable
Colors Black, Gray, Pink
Java MIDP 2.0,
- MP3/WAV/AAC++/WMA/RA player
- MPEG4/H.263/H.264/RV player
- Photo editor
- Voice memo
- Speakerphone
- Organizer
- TV-out
Standard battery, Li-Ion 900 mAh
Stand-by Up to 450 h
Talk time Up to 6 h

3 comments:

andri said...

Setuja!!! LG Orsay emang bagus, aku pake sampe sekarang. Sayang, Hape ini agak lemot... lelet...

warung said...

Se7 juga. Hampir 1 taun make hp ini blm pernah trouble. Kameranya ga` mengecewakan sama sekali (buat hp-kamera). @andri: mungkin memory hp-nya kebanyakan isi jadi lemot.

pure blog said...

RAlat nih ,,, pada saat ditancepin ke komputer, semua memory baik internal maupun eksternal terbaca kok! nggak ada masalah mindahin data dari atw ke komputer.. Hanya data bawaan (wallpaper,themes,games,flash file) yg terproteksi n g bs dlihat.

Google Search

Google

FireHeart Saga NovelBlog